Monday, June 12, 2017

Penulis Amatiran

Menulis....
Mungkin bukan hobi saya dari kecil, boro-boro hobi nulis lah kalau ada tugas aja males banget saya nulis jawabannya. Lebih seneng langsung jawab aja di depan guru daripada pake capek-capek tulis. Udah capek habis-habisin pena sama kertas aja (itu alasan mendasar saya kenapa saya siswa yang masuk kategori malas menulis). Alhasil nilai mata pelajaran bahasa indonesia dapat nilai 7 itu sudah sebuah anugerah yang tak terkira dari Tuhan yang diberikan kepada saya (lebay).
Itu sekedar flashback masa kecil saya yang ogah banget untuk menulis dan membaca juga sih. Tapi entah dapat wangsit apa atau memang karena pergaulan saya sedikit demi sedikit menekuni dunia menulis dan membaca. 2 hobi yang bisa dibilang sangat bertolak-belakang banget dengan karekter saqya dari kecil. Apa mungkin saya menekuni 2 hobi tersebut karena ada manfaatnya ya, yang pasti manfaatnya memperbanyak angka di tabungan saya hehehe... Pernah beberapa kali saya iseng aja sih awalnya mengirimkan cerpen saya ke salah satu majalah remaja yang ada di Indonesia ini, eh lah kok ya cerpen saya tayang. Lumayanlah bisa buat tambahan buat sangu untuk anak kos (jaman kuliah dulu).
Sekarang di usia yang sudah lebih dari 1/4 abad hobi membaca dan menulis menjadi hobi yang sangat membantu saya untuk menghilangkan sumpek dan gundah gulana yang gak berujung. Awalnya saya membaca novel itu saat terbaring sakit di rumah sakit. Ya tahu sendirilah kenapa saya akhirnya membaca, boring banget karena cuma bisa balik kanan dan kiri badan aja di bed. Mau apalagi coba? Mau koprol di bed rumah sakit? Ya kagak mungkin lah, ya udah bisanya cuma baca novel aja.
Novel pertama yang saya baca kalau gak salah (ya bener) Hair-Quake (Mariskova). Berhubung ini novel karya Mariskova ini ada beberapa novel lagi akhirnya aku baca 2 novel Mariskova, To Tokyo to Love dan Fly him to the moon. Hanya judul aja yang pake bahasa inggris tapi isinya indonesia kok. Ya dari situ akhirnya aku jadi demen banget untuk baca, terutama membaca novel karya anak bangsa. Penulis favorit saya Darwis Tere Liya, Ilana Tan dan Andrea Hirata. Kalau ada novel 3 penulis itu rasanya kudu cepet-cepet lari ke toko buku untuk ambil novel mereka yang launching.
Dari kebiasaan saya yang suka membaca (sekarang) dan melihat tumpukan novel yang udah semakin banyak di ruang baca. Akhirnya saya sekarang punya ide untuk membuat sinopsi novel, dari novel yang udah saya baca pastinya. Sinopsisnya pastinya versi saya lah. Dengan bahasa saya yang acakadul dan mungkin akan lompat - lompat alurnya hahaha (penulis amatir). MUngkin juga saya hobi menulis sekarang itu karena saya ingin membunuh kebosanan (curhat). Daripada larinya kemakan mending aku nulis aja.
Oke guys tungguin hasil sinopsis novel indonesia versia saya ya.
bentar lagi bakalan aku posting kok.

No comments:

Post a Comment

God Bless Us

Welcome to Papua (again)

Akhirnya tiba juga saya di tanah Papua kembali, setelah tahun kemarin saya tidak berkunjung dikarenakan hamil. Saat ini saya tidak tingg...