Thursday, March 15, 2018

Merantaulah

"Merantaulah! Agar kamu tahu betapa perihnya hidup yang kamu jalani." Sepertinya ungkapan itu cocok untuk para perantau yang akan memulai hidup merantau yang jauh dengan sanak keluarga. Sebenarnya sudah mau tiga kali ini saya pergi jauh dari keluarga di kota yang sama dan yang pasti jauh banget dari lokasi keluarga saya. Tapi kedatangan yang pertama dan kedua hanya hitungan bulan saja. Rencana untuk kedatangan selanjutnya, saya mungkin akan tinggal dengan kurun waktu yang agak lama dikit. Dengan alasan terbesar saya harus rela berkorban waktu untuk bisa bertemu dengan pak suami 5 hari sekali daripada saya nunggu 3 bulan sekali sih. Hemat transportasi juga lah. Tanpa harus flight kita bisa ketemu.

Sebenarnya apa saja sih yang diperlukan atau disiapkan untuk merantau? Banyak lah pastinya. List ini itu. Bawa ini bawa itu biar di daerah rantau nggak pakai beli-beli. Tau sendiri di daerah rantau mah mahal-mahal semua barangnya. Kecuali kalau merantaunya ke Jawa ya :) Mungkin postingan ini bisa membantu teman-teman blogger untuk mempersiapkan apa aja hal yang perlu diperhatikan sebelum merantau.

1. Cari tahu tentang daerah yang mau di tempati
Ini hal penting yang harus kalian lakukan sebelum kalian berangkat ke tempat rantau. Kalian nggak perlu binggung-binggung cari infonya lewat apa, apalagi belum ada teman atau keluarga di tempat rantau itu. Mbah google punya semua info yang kalian butuhkan mulai dari yang simple sampai yang kompleks. Mulai dari kondisi alamnya, kehidupan sosialnya, fasilitas umum dll. Mbah google  akan membantu kalian semua sesuai kebutuhan kalian.

2. Mencari tempat tinggal
Setelah kalian sudah hafal diluar kepala tentang info umum daerah rantau kalian, kalian pastinya akan mencari info tentang tempat tinggal. Lagi-lagi kita bisa mengandalkan mbah google. Walaupun kadang untuk info satu ini kita harus teliti banget saat memilih lokasi tempat tinggalnya. Carilah tempat tinggal yang sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja, daerah aman banjir dan aman dari tindakan kejahatan. Kalian juga bisa masuk ke grup daerah rantau kalian melalui facebook, biasanya disana akan memberi info lokasi kontrakan/kos ataupun menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga atau keperluan sehari-hari yang kalian perlukan.

3. Tranportasi 
Tidak semua daerah rantau memiliki transportasi selengkap di kota - kota besar. Jangankan taksi, kadang ojek di daerah tertentu juga susah loh dicari.Beruntunglah jika kalian tinggal di daerah rantau yang ada di kota. setidaknya transportasi lumayan banyak deh daripada daerah yang terpencil.

4. Jaringan Telepon selular
Tidak semua daerah di Indonesia bisa dijangkau oleh semua provider yang tersedia di Indonesia. Biasa yang punya sinyal kuat Telkomsel. Bisa ditemukan sampai daerah terpencil ya kadang kala susah juga sinyalnya sih. Siap - siap ganti kartu aja kalau nggak sama dengan provider yang kamu pakai saat ini. Selain jaringannya kalian juga harus cari tahu tarif telepon selular untuk telepon ataupun sms. Kadang ada perbedaan tarif dari satu wilayah dengan wilayah lain.

5. Lokasi fasilitas umum
Fasilitas umum ini berupa rumah sakit, ATM, pusat perbelanjaan, Terminal, Bandara, Stasiun yang sangat kalian butuhkan banget saat jadi anak rantau. Emang sih kalau cari tempat tinggal yang dekta dengan fasum harganya selisih dengan yang ada di daerah pinggiran. Itu tergantung kebijakan para anak rantau sekalian.

Menurut saya lima hal penting sebelum merantu itu perlu kalian pakai sebelum datang di tempat perang kalian.
Sukses ya guys kalian di tempat rantau kalian!

Merantaulah, biar kalian tahu harga tiket mudik itu mahal! :)          
Rencana awal Mei besok saya sudah berangkat merantau yang ketiga kalinya. Saya tunggu cerita merantau kalian juga.

No comments:

Post a Comment

God Bless Us

Welcome to Papua (again)

Akhirnya tiba juga saya di tanah Papua kembali, setelah tahun kemarin saya tidak berkunjung dikarenakan hamil. Saat ini saya tidak tingg...