Tuesday, October 13, 2015

Menghitung Perkalian Hanya Dengan Sepuluh Jari Kita

Sebagian orang menganggap matematika adalah mata pelajaran atau mata kuliah yang amat sangat susah hingga 7 turunan mungkin (lebay amat ya) hehehe..... Sekarang saya akan sedikit membantu permasalahan anda semua baik guru, pelajar, mahasiswa maupun orang tua yang sedang binggung mengajarkan ilmu perkalian tanpa menggunakan kalkulator (saya orang yang paling benci banget lihat pelajar berhitung menggunakan kalkulator. Pembodohan sejak dini bagi saya).

Mari kita mulai cara menghitungnya. Perlu diingat ini hanya digunakan untuk mempermudah hitungan saja dari angka perkalian 6 hingga 10 (part 1). Are you ready guys :

Untuk faktor perkalian 6 s/d 10

Rumus : (A+A) + (B x B)

Keterangan :
A : banyaknya jari yg menunjuk ke atas (nilai puluhan)
B : banyaknya jari yg menunjuk ke bawah (nilai satuan)

Dari penjelasan di atas mungkin pada binggung, ok akan saya bantu mempermudahnya dengan adanya gambar di bawah ini.


Sudah lebih paham???? Ok akan saya lanjutkan dengan contoh soal. Siapkan jari kalian untuk mulai berhitung bersama-sama.

Contoh penerapan rumus :

7 x 9 = .......

Dati perhitungan jari yang kita dapatkan adalah sbb :

A kanan : 2 jari = 20
A kiri : 4 jari = 40
( ingat nilai A bernilai puluhan)

B kanan : 3 jari = 3
B kiri : 1 jari = 1
(Ingat nilai B bernilai satuan)

Penyelesaian :
(A+A) + (B x B) = (20+40) +        ( 3×1)
                             = 60           +       3
                             = 63

Jadi hasil 7 x 9 = 63

Mudah bukan......


No comments:

Post a Comment

God Bless Us

Welcome to Papua (again)

Akhirnya tiba juga saya di tanah Papua kembali, setelah tahun kemarin saya tidak berkunjung dikarenakan hamil. Saat ini saya tidak tingg...